Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa: 1995 – 2012

Sekarang ponsel merupakan hal yang biasa dikalangan masyarakat kelas atas, tengah maupun ke bawah. Siapa yang tak kenal dengan alat elektronik yang satu ini. Dari yang kecil, besar, tipis dan tebal perusahaan seperti Nokia, Samsung, Motorola, LG dan masih banyak lagi telah menyediakannya.

Kegunaannya pun sekarang telah berkembang dengan cepat, bila dulu ponsel hanya bisa digunakan sebagai telepon dan sms, sekarang kamu dapat menggunakannya untuk berinternet, bermain game, foto-foto dan juga membantu dalam bekerja.

Kamu ingin tahu evolusi mengenai ponsel dari masa ke masa? Sebelumnya PG telah membagikan #Techvolusi mengenai Mac OS X, Windows OS, dan juga Android OS, sekarang waktunya PG untuk mengupas tuntas #Techvolusi dari ponsel.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

1995

Pada tahun 1995 ponsel memiliki ukuran yang sangat besar dan juga tebal, seperti gambar dibawah ini :D. Selain besar dan juga tebal, ponsel juga memiliki antena yang panjang untuk bisa mendapatkan sinyal.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

1996

Di tahun berikutnya 1996, ponsel bentuknya tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Masih memiliki ukuran yang besar dan juga tebal, namun memiliki antena yang lebih pendek dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, ponsel yang cukup populer adalah Nokia 9000.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

1997

Tahun 1997, kamu tak akan menemukan lagi yang namanya antena pada ponsel. Tentu ini membuat ponsel besar dan tebal itu terlihat lebih baik dari sebelumnya. Gambar dibawah ini menunjukkan ponsel khas tahun 1997 dari provider telco AT&T.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

1998

Ternyata pada tahun ini kamu akan mendapatkan ponsel yang berantena kembali, entah kenapa si antena satu ini bisa kembali. Kembalinya si antena ternyata juga membawa hal yang baru, yaitu ponsel disaat tahun 1998 tersedia dengan berbagai warna. Ponsel yang populer kalah itu adalah Nokia 5110.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

1999

Era dimana ponsel berukuran besar dan memperlihatkan antena rupanya telah usai pada tahun 1999. Salah satu yang membawa trend ponsel menjadi lebih kecil kala itu adalah Nokia 3210. Dengan antena yang berada di dalam dan juga grafik yang lebih bagus.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2000

Ponsel pertama yang muncul dengan teknologi touchscreen muncul pada tahun 2000. Tentu fitur touchscreen jaman dulu tak sehebat jaman sekarang. Berikut ini adalah ponsel Motorola yang cukup populer pada tahun itu, Motorola menyediakan touchscreen dengan layar yang masih hitam putih.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2001

Pernah dengar tentang ponsel monochrome? Pada masa inilah era ponsel hitam putih telah usai dan digantikan dengan monochrome. Ponsel yang populer kala itu adalah Nokia 8250 dengan bentuk yang kecil dan ramping, serta antena yang telah hilang.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2002

Teknologi semakin berkembang pesat pada tahun 2002. Ponsel dengan teknologi layar bewarna dan juga adanya kamera telah muncul pada tahun itu. Ponsel dengan kamera adalah kemunculan pertama pada tahun itu, kamu dapat menggunakan kamera untuk memotret. Nokia 7650 adalah ponsel yang pada tahun itu cukup populer, dengan model slidding, kamera 0,3MP dan juga layar yang bewarna.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2003

Jika sebelum-sebelumnya ponsel hanya memiliki satu layar, pada jaman ini kamu akan menemukan ponsel dengan dua layar. Samsung S300 adalah yang menjadikan trend saat itu, dengan model flip yang disediakan layar dalam dan luar. Layar dalam berfungsi seperti pada ponsel umumnya, layar depan berfungis untuk mengetahui jam dan juga telepon dan pesan yang masuk.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2004

Tahun 2004 adalah kemunculan ponsel tertipis yaitu Motorola V3. Motorola V3 muncul dengan bentuk yang ramping, bentuk flip, dua layar, kamera VGA dan masih banyak fitur lainnya. Ponsel yang berbentuk besar dan juga tebal telah musnah saat itu, ponsel saat itu telah bisa kamu bawa kemana saja di kantong saku atau celanamu. Bukankah ini kemajuan yang sangat pesat?

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2005

Pada tahun 2005, Sony memberikan nuansa baru pada ponsel. Sony meluncurkan ponsel dengan ditambahkannya fitur Walkman, yaitu Sony W800i. Sony W800i saat itu benar-benar dikhususkan untuk pecinta musik, bagaimana tidak? Sony W800i mempunyai tombol pemutar musik, tambahan memory stick, sehingga kamu dapat menikmati musik dimana saja dan kapan saja. Namun tetap bisa digunakan untuk telepon dan sms.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2006

Era fashion mulai ditambahan kedalam ponsel pada saat itu. Ponsel saat itu menjadi aksesoris yang berperan untuk menandai karakter dari pemiliknya. Salah satu ponsel yang cukup digemari untuk ajang bergaya saat itu adalah LG Chocolate. LG Chocolate memliki desain yang cantik dan juga elegan.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2007

Perusahaan Apple meluncurkan iPhone seri pertamanya pada tahun 2007. Ponsel ini adalah ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi iOS, touchscreen yang canggih dan juga banyak memiliki aplikasi. Memiliki iPhone pada saat itu adalah sebuah kebanggaan.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2008

Tahun 2008 orang-orang telah banyak menggunakan laptop untuk bekerja. Ponsel juga mengalami hal yang sama, karena banyak orang yang setiap hari menggunakan laptop, ponsel QWERTY kemudian muncul. Ponsel pertama QWERTY pada saat itu adalah HTC G1. HTC G1 muncul dengan layar yang lebar dan juga QWERTY, tidak hanya itu saja. Pada saat itu juga Android muncul yang dijadikan sistem operasi untuk HTC G1.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2009

Masih dengan teknologi QWERTY dan juga touchscreen, namun touchscreen pada saat itu sudah mempunyai resolusi yang tajam dan tinggi. Motorola Milestone adalah ponsel yang membawai hal tersebut. Motorola Milestone hadir dengan touchscreen, QWERTY, OS Android, dan fitur-fitu canggih untuk bekerja.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2010

Pada era saat ini muncul ponsel dengan bentuk yang baru, jika pada saat dulu ponsel berbentuk batu bata sepertinya saat 2010 juga diterapkan. Namun dengan bentuk yang lebih kecil dan juga ringan. Motorola Backflip adalah ponsel dengan bentuk batu bata yang keren. Motorola Backflip memberikan kamu layar yang bisa diputar ke belakang sehingga memudahkan kamu untuk menggunakan touchscreen.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2011

2011 kembali berjayanya era ponsel touchscreen yang mendominasi pasar gadget. Tidak hanya touchscreen, pada tahun 2011 banyak ponsel yang muncul dengan bentuk tipis dan juga ramping. Samsung Galaxy S II adalah ponsel yang mencukup kebutuhan orang-orang pada zaman modern ini. Samsung Galaxy S II dilengkapi dengan fitur kamera 8MP, layar AMOLED, OS Android, tebal ponsel yang kurang dari 1 cm, suport untuk internet, telefon dan juga GPS.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

2012

Pada tahun 2012 kamu akan menemukan Nokia Lumia 800 yang berjalan dengan Windows 7 Mobile Edition. Dengan menggunakan Nokia Lumia 800 kamu serasa menggunakan komputer. Tidak menyangka bukan selama 17 tahun, ponsel berkembang sangat pesat. Dari yang tadinya hanya digunakan sebagai menelefon dan sms, sekarang bisa digunakan untuk GPS, internet, radio, komputer dan tetap masih bisa kamu taruh dalam saku.

Evolusi Ponsel Dari Masa ke Masa

 

Jika kamu lihat dari ponsel era pertama hingga masa kini, ponsel membawa perkembangan yang banyak untuk kita semua. Baik dari segi fitur, bentuk dan juga kegunaan. Bagaimana menurut kamu tentang evolusi ponsel selanjutnya? Apakah ponsel selanjutnya akan ada dengan tampilan tipis, tembus pandang dan dilengkapi layar fleksibel?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Rendy Kurniadinata

    gan ,,, ngomong ngomong ,, kapan yaa pertama kali handphone bisa internetan ???

  • http://www.0101mj.blogspot.com/ Chris Yahya

    Nokia Lumia!!!! :D :D *O* Kenapa gak nampilin yang Lumia 920 Windows Phone 8???

  • http://www.facebook.com/ahmad.mahbub Ahmad Mahbub

    bener gan. BB ga masuk. kasiaaan :)

  • http://www.facebook.com/ahmad.mahbub Ahmad Mahbub

    bener gan. BB ga masuk. kasiaaan :)

  • datafirdaus

    cuma 17 thn perkembangannya pesat bgt, gimana 5 thn ke depan ya?

    • http://www.0101mj.blogspot.com/ Chris Yahya

      tahun 2013 aja udah ada google glass dengan augmented reality dan layar flexible

  • http://psdesain.net/ Jaka

    Blackberry nggak masuk ya? :D
    wkwkwkwk

    • http://www.0101mj.blogspot.com/ Chris Yahya

      kan old technologies gann :D

  • hardisk

    mau usul nih, techvolusi mengulas media penyimpanan dari awal terciptanya komputer sampai sekarang donk