Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Hei para pengguna Android, sekarang PG akan membahas mengenai OS Android, buat kamu yang gemar banget sama sistem operasi smartphone ini bacalah artikel PG yang satu ini. Sistem operasi adalah suatu program yang dapat mengontrol perangkat keras. Sebelumnya PG juga telah membahas evolusi sistem operasi Windows dan Mac OS X, sekarang tiba saatnya untuk membahas evolusi OS Android.

 

Android 1.0 (Astro)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Sistem operasi Android yang pertama ialah Android 1.0, Smartphone pertama di dunia yang beruntung berjalan menggunakan Android adalah HTC Dream pada tanggan 22 Oktober 2008. Fitur yang disajikan Android 1.0 tidak sebanyak sekarang hanya kamera, WiFi, Bluetooth, folder, browser, notifikasi, voice dialing, YouTube, alarm clock, gallery, IM, media player dan Android Market.

 

Android 1.1 (Bender)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Setelah dirilisnya Android 1.0 keluarlah Android 1.1 pada tanggal 9 Maret 2009 dengan beberapa fitur yang diperbarui seperti jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email. Tidak hanya itu saja, di Android 1.1 kamu bisa menyimpan pessan attachment.

 

Android 1.5 (Cupcake)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Hanya berselang 1 bulan tepatnya pertengahan Mei 2009 Google merilis Android 1.5 dengan codename Cupcake. Di sistem operasi ini kamu akan mendapatkan banyak hal yang baru seperti tampilan keyboard yang baru, widget yang bisa kamu pasang di home screen, merekam, mengupload video ke Youtube, mengupload gambar ke Picasa, Bluetooth A2DP, copy dan paste, auto-rotation, dan masih banyak lagi.

 

Android 1.6 (Donut)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Jika Android 1.1 dan Android 1.5 hanya berselang 1 bulan maka Android 1.5 dan Android 1.6 berselang 3 bulan yaitu pada bulan September, cepat bukan perkembangan Android? Di sistem operasi ini ada beberapa bugs yang telah fix dan juga penambahan fitur seperti pencarian dengan text dan audio yang telah dipercepat, support layar resolusi WVGA dengan ukuran hingga 800×480, CDMA/EVDA, VPN dan dial kontak.

 

Android 2.0/2.1 (Eclair)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

 

Lagi-lagi hanya berselang 2 bulan tepat pada tanggal 3 Desember 2009 Android 2.0/2.1 yang bercodenamekan Ecalir muncul. Sepertinya Google berniat menggempurkan dunia mobile ya :D, di Android 2.0 memberikan fitur sinkronisasi multiple akun, dukungan pertukaran email, Bluetooth 2.1, fitur baru dari kamera yaitu flash untuk kamera 3.2 MP, digital zoom, pembaruan Android keyboard, bisa mengakses HTML5, live wallpaper, tampilan dan juga optimasi kecepatan sistem operasi. Tidak lama setelah itu muncul Android 2.1 dengan codename yang serupa yaitu Eclair dengan beberapa bugs yang telah fix.

Dengan semakin berkembangnya sistem Android, Google mengadakan kompetisi killer apps dengan hadiah sebesar $25.000 atau Rp 240.000.000 bagi developer yang memenangi aplikasi mobile terbaik yang diadakan selama dua tahap, pertahap dipilih 50 aplikasi terbaik. Ternyata itu yang membuat aplikasi Android sangat banyak ya??

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Tidak berhenti disitu saja, dengan semakin banyaknya aplikasi maka Android semakin laris manis. Karena pasar Android naik pesat, banyak pengembang software terkenal yang menjadikan software mereka sebagai aplikasi mobile. Contohnya saja Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Bahkan MySpace dan Facebook juga ikut andil.

 

Android 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Android 2.2 dengan codename Froyo diluncurkan pada 20 Mei 2010. Perubahan-perubahan yang diterapkan adalah dukungan Adobe Flash 10.1, aplikasi dapat bekerja lebih cepat hingga 5 kali dari versi Android sebelumnya, browser dapat melakukan rendering JavaScript, aplikasi SD card, WiFi, auto update pada Android Market, layar support hingga 320 ppi, dan voice dialling menggunakan Bluetooth.

 

Android 2.3 (Gingerbread)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

7 bulan kemudian munculah Android 2.3 dengan codename Gingerbread. Perbuahan yang disajikan di Android ini sangatlah menarik diantaranya lebih kaya warna pada layar 1280×768 atau lebih, SIP Internet calls, support dual kamera, peningkatan fungsi copy dan paste, perubahan UI, Google Talk, peningkatan performa dan kinerja, dukungan Near Field Communication (NFC), efek audio baru seperti reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost, dan masih banyak lagi.

 

Android 3.0/3.1 (Honeycomb)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Pada Mei 2011 Google merilis Android 3.x dengan codename Honeycomb yang dikususkan untuk perangkat tablet. Tentu akan lebih banya fitur yang diberikan pada versi ini karena dirancang untuk layar yang lebih besar, multi prosesor, dan grafik yang lebih tajam. Tampilan dari Android Honeycomb sangatlah keren berbeda dengan Android-Android sebelumnya. Di Indonesia Android Honeycomb dapat kamu nikmati di tablet Asus Eee Pad Transformer yang juga dirilis Mei 2011.

 

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Dirilis pada 19 Oktober 2011, Android 4.0 dengan nama codename Ice Cream Sandwich hadir dengan Ui yang sangat keren dan berkesan. Fitur baru yang diberikan oleh Ice Cream Sandwich ialah Holo Theme, Thumbnail pada Multitaskingnya, notifikasi yang lebih baik, lock yang keren, data usage, kamera yang lebih bagus, mencari email secara offline, dan NFC.

 

Android 4.1 (Jelly Bean)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

Android Jelly Bean baru saja dirilis pada tanggal 27 Juni 2012 di konfrensi Google I/O lalu. Disini kamu akan melihat lebih banyak fitur yang diperbarui seperti tampilan yang lebih halus, performa yang lebih bagus, project butter, Input teks yang lebih peka, Google Now, Google Wallet, Bluetooth transfer data untuk Android Beam, voice search yang lebih cepat, dan masih banyak lagi. Android 4.1 pada debut pertamanya akan diluncurkan berpasangan dengan Asus Google Nexus 7.

 

Android 4.2 atau 5.0 (Key Lime Pie)

Evolusi Android Dari Masa ke Masa

PG sih sebenarnya mendapatkan isu dari situs Amrik yaitu www.techradar.com dan ww.trustedreviews.com untuk kemunculan Android versi baru dengan codename Key Lime Pie, entah itu versi 42. atau 5.0 jadi tidak ada kejelasan untuk Android versi baru ini. Namun yang PG dapat dari www.techradar.com dan ww.trustedreviews.com Android 4.2 atau Key Lime Pie akan dirilis tahun 2013 dengan fitur pemilihan profile telepon yang diperbarui, multi tasking yang lebih bagus, penambahan aplikasi sosial network, kemampuan mengetik Swype, aplikasi video chatting, multi select kontak, multimedia codec plugins support, dan masih banyak lagi. Namun ini hanya isu loh…. :D

 

Tidakkah kamu berpikir semua versi dari Android diatas adalah nama camilan ala USA?? Mengapa Android muncul dengan codename seperti itu ya?? Hmmm…PG tak tahu :D, jika kamu tidak ingin ketinggalan berita #Techvolusi dari PG, kamu bisa follow Twitter, Like Facebook Fans atau subscribe PusatGratis :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • joni sahdan

    permisi

  • Uzumaki Rian

    Android Z

  • Bincang Android

    Rupanya Android 4.4 adalah Kitkat

    Lihat 5 pekara anda perlu tahu tentang Android 4.4 Kitkat:

    http://bincangandroid.com/android-4-4-kitkat-5-pekara-anda-patut-tahu/

  • Seto Rahardyanto

    Android 4.2 udah punyanya Jelly Bean, kalo Key Lime Pie rumornya android 5.0! :)

  • Tio Septiono Pawiro

    Nunggu Android Versi kue ‘L’..

  • Tio Septiono Pawiro

    Nunggu Android Versi kue ‘L’..

  • lapar bacanya.. kue semua :D

    • PG waktu nulis jg lgsg lapar mas…kue nya tipe2 kue yang enak sih :D

  • Wahid Dul Rohman

    mohon ralat,, kenapa android 2.0/2.1 gambarnya galaxy mini ?
    padahal galaxy mini sendiri os-nya froyo & upgradable ke gingerbread.

    • Edo Chrisnado

      wah iya gan makasih udah ingetin :D
      ni udah saya update

  • Saydath Akigaguk

    apakah ada kemungkinan hp os windows dirubah jadi os android