DroidWall : Aplikasi untuk Menghemat Kuota Paket Internet Android Kamu

Kamu pemilik sebuah smartphone dengan platform Android? Mungkin kamu pernah mengalami kehabisan kuota dari langganan layanan internet, secara tidak kamu ketahui. Karena seperti yang PG ketahui, baik itu platform Android maupun iOS pastilah erat kaitannya dengan paket Internet.

Masalah umum yang sering muncul yaitu seringnya tiba-tiba kuota dari paket internet kamu itu habis secara tidak kamu ketahui, sebenarnya itu karena ada beberapa jenis aplikasi yang otomatis akan terhubung atau update ke internet di background tanpa kamu ketahui.

Dengan demikian tentu saja akan mengakibatkan kuota kamu habis tanpa sepengetahuan kamu sebagai pemilik, dan kebanyakan malah menyalahkan Providernya. Padahal masalahnya terletak pada handled milikmu.

Untuk itu PG punya sebuah solusi untuk masalah kamu ini, yaitu dengan menggunakan Aplikasi yang bernama DroidWall (Android Firewall), aplikasi ini akan berfungsi secara pintar dengan memfilter aplikasi-aplikasi tertentu agar tidak terkoneksi dengan internet, namun pastikan ponsel kamu telah “diroot” agar aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone Android milikmu.

Langsung saja bagi kamu yang ingin mengunduh DroidWall secara Gratis bisa melalui tautan yang ada di bawah berikut ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.googlecode.droidwall.free

Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar DroidWall ini dapat berfungsi menghemat paket kuota internet kamu, silahkan disimak :

1. Unduh dan Install DroidWall

2. Tunggu beberapa saat karena DroidWall akan membaca aplikasi apa saja yang terinstal pada perangkat milikmu. Setelah itu akan ditampilkan daftar aplikasi. Bisa dilihat pada bagian atas terdapat mode. Mode White list memungkinkan Droidwall untuk mengijinkan aplikasi yang dipilih untuk terkoneksi dengan internet dan mode Black List adalah sebaliknya.

DroidWall : Aplikasi untuk Menghemat Kuota Paket Internet Android Kamu

 

3. Silahkan kamu Tap untuk memilih untuk menggunakan mode White List atau Black List, sebagai contoh kamu bisa memilihh opsi mode Black list.

4. Kemudian silahkan kamu centang aplikasi yang koneksi internetnya akan diblok. Opsi centang bagian kiri mengartikan aplikasi tidak dapat terkoneksi melalui wifi, sedangkan yang kanan melalui koneksi 3G.

5. Tekan tombol menu pada perangkat. Untuk mengaktifkan firewall, tap opsi firewall enable atau firewall disabled. Lanjutkan dengan tap save rules untuk menerapkan pengaturan. Keluar dari Droidwall dan sekarang kamu tak perlu khawatir aplikasi yang dipilih akan terkoneksi dengan internet secara tidak kamu ketahui.

 

Sebagai tambahan, kamu dapat memberikan password pada Droidwall agar orang lain yang menggunakan Android milikmu tidak dapat mengubah pengaturan yang sudah kamu buat sebelumnya. Dan fitur ini dapat kamu akses seperti pada langkah 5 di atas.

Masih ragu untuk mengunduh Aplikasi yang Gratis dan memiliki ukuran 311KB ini? PG sarankan bagi kamu yang berlangganan paket internet secara kuota melalui perangkat Android kamu wajib memiliki aplikasi ini, biar hemat dan ngga bikin kantong kamu jebol tentunya, PG ucapkan selamat mencoba ya. :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Muhammad Saeno

    Cara me-root gimana ya