Domain CyanogenMod.com Sempat “Dicuri” oleh Pemiliknya untuk $10000

Entah apakah “dicuri” merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan kejadian ini, tetapi yang jelas domain CyanogenMod.com sempat berusaha dijual oleh pemiliknya dengan meminta harga $10000!!

Domain CyanogenMod.com Sempat "Dicuri" oleh Pemiliknya untuk $10000

Cerita berawal ketika project CyanogenMod masih kecil dulu, seseorang benama Ahmet Deveci mendonasikan domain CyanogenMod.com pada Agustus 2009 untuk dijadikan situs utama dari project tersebut.

Setelah 3 tahun berjalan, CyanogenMod berkembang dengan sangat pesat. Menjadi custom ROM Android yang sangat populer. Dengan dukungan komunitas yang terdiri dari donatur, developer, dan kontributor.

Sayangnya secara tiba-tiba sang pemilik domain diketahui melakukan perjanjian referral dengan beberapa situs komunitas dengan mengatasnamakan Steve Kondik (penemu cyanogen). Ketika dia diminta untuk memberikan domainnya ke tim CyanogenMod, dia menolak dan meminta tebusan $10000 sebagai gantinya. Tentu saja tim Cyanogen tidak mau (dan tidak bisa) membayarnya.

Tidak hanya menguasai domain CyanogenMod.com saja, Ahmet Deveci juga memiliki akses semua akun social media (twitter/FB) Cyanogen. Tim Cyanogen pun akhirnya berhasil mengambil alih semua akun social media tersebut, dan si Ahmet memberikan balasan:

“Hei, jadi kamu pikir dengan menghilangkan akses saya ke setiap insfrastruktur adalah ide yang bagus? Kita sudah chat kemaren, ternyata kamu memilih untuk mengakhirinya dengan pahit. Bagaimana jika aku ganti saja DNS domainnya sekarang. CM akan langsung down”

Setelah itu semua DNS records CyanogenMod.com memang dihapus. Ketika pengunjung mengunjungi alamat tersebut, yang mereka dapatkan hanyalah halaman putih polos saja. Semua email @cyanogenmod.com juga tidak bisa digunakan.

Kasus internal CM ini langsung mencuat dan menyebar kemana-mana. Ahmet Deveci-pun akhirnya mentransfer domain tersebut ke tim CyanogenMod dengan sukarela. CyanogenMod.com kini langsung diredirect ke CyanogenMod.org. Anehnya, secara tiba-tiba Ahmet bilang kalau hal ini hanyalah “guyonan” belaka.

Jika benar itu cuma guyonan Ahmet Deveci, ini adalah guyonan terburuk yang pernah PG temui.

via cyanogenmod (12)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini