Desain Jam Dinding Ini Senilai 21 Juta Dolar!

Jangan heran jika harga iPhone itu mahal meskipun biaya pembuatan hardware-nya hanya dibawah 2 juta rupiah saja. Harga iPhone (dan juga smartphone lainnya) seringkali melonjak mahal terkait dengan berbagai lisensi yang ada di platform atau aplikasinya. Seperti yang terjadi di sistem operasi iPhone terbaru, yaitu iOS6. Apple harus membayar sebesar 21 juta dolar hanya untuk desain jam dinding di iOS6 yang mereka gunakan.

Desain Jam Dinding Ini Senilai 21 Juta Dolar!

Semua berawal dari protes yang diajukan oleh Swiss Federal Railway, atau yang juga dikenal dengan SBB (layanan kereta api di Swiss) bulan september kemarin. SBB keberatan dengan desain jam di iOS6 yang terlalu mirip dengan desain jam dinding buatan karyawan SBB, Hans Hilfiker, tahun 1944 silam. Desain jam dinding inilah yang digunakan di seluruh stasiun kereta api Swiss.

Desain Hilfiker ini telah dimasukkan di Museum of Modern Art New York dan London Design Museum, serta telah menjadi simbol ketepatan waktu di Swiss. Desain ini juga sudah dilisensikan ke Mondaine, sebuah perusahaan jam tangan terkemuka di Swiss.

Hal ini membuat Apple akhirnya harus membayar lisensi ke SBB, yang kabarnya bernilai hingga 21 Juta Dolar atau sekitar 199,5 Miliar Rupiah!

Jadi gak heran khan kalau harga iPhone (dan smartphone lainnya) jauh lebih mahal dari biaya pembuatan hardware-nya? ^^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini