Cara Menyimpan SMS dalam Bentuk File TXT [Android]

Memang banyak aplikasi yang memungkinkan kamu mem-backup data SMS sehingga tidak kehilangan data penting SMS kamu. Tapi apabila SMS kamu cukup banyak dan kamu ingin mendapatkan data keseluruhan SMS kamu sehingga memudahkan untuk kamu review satu per satu, maka kamu bisa mem-backup data SMS tersebut dalam bentuk file .txt. Ini akan menjadikan kamu mudah mencari SMS tertentu, cukup dengan memperhatikan urutan kronologi waktu SMS tersebut. Caranya, kamu perlu menginstall aplikasi SMS to Text.

Cara Menyimpan SMS dalam Bentuk File Text

Setelah menginstall aplikasi tersebut, kamu akan mendapatkan fitur utama yang sifatnya langsung merujuk pada manfaat aplikasi ini. Dengan mencentang “filter by Contact” aplikasi ini akan secara otomatis menyaring hanya sms yang berasal dari kontak kamu yang akan di backup. “Filter by in/out SMS” memberikan pilihan dimana kamu bisa membackup hanya sms yang masuk, hanya sms yang keluar, atau keduanya. Sedangkan “File Type” memungkinkan kamu memilih akan menggunakan file .txt atau .csv. Bila kamu sudah mengatur setting sesuai keinginan kamu, maka kamu tinggal mengklik tombol “Export to SD Card”

Cara Menyimpan SMS dalam Bentuk File Text

Setting lebih lanjut bisa kamu dapatkan dengan melakukan tap pada menu. Ini memungkinkan kamu mengatur tampilan laporan SMS yang akan disimpan di SD Card kamu.

Cara Menyimpan SMS dalam Bentuk File Text

Dengan mengklik tombol “Export to SD Card” maka aplikasi ini akan langsung memproses untuk menyimpan data SMS kamu dalam bentuk .txt.

Cara Menyimpan SMS dalam Bentuk File Text

Seperti ini kira-kira laporan dalam bentuk file .txt. Kamu bahkan bisa mendapatkan laporan SMS yang masuk sejak awal kamu membeli ponsel Android tersebut! Sebenarnya nomor telepon yang mengirim SMS dan isinya juga ada, di sisi kanan laporan yang ditampilkan di gambar tersebut, tapi PG menyembunyikannya demi privasi. Hehe…

Cara Menyimpan SMS dalam Bentuk File Text

Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut dari Google Play Store secara gratis di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.smeiti.smstotext

Aplikasi SMS to Text ini sangat praktis untuk menyimpan data SMS kamu, apalagi bila kamu memerlukannya untuk hal yang spesifik, seperti misalnya mencari SMS dari teman yang penting, tapi kamu sudah lupa dimana letak SMS tersebut. Mungkin juga kamu akan tersenyum menyaksikan SMS-SMS ‘jadul’ kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Andy Hermansyah

    Makasih artikelnya….sangat bermanfaat