Awas! Malware Android Tersebar Luas Lewat Facebook!

Jika kamu pengguna aplikasi Facebook untuk Android, berhati-hatilah. Beberapa waktu terakhir ini banyak terjadi penyebaran aplikasi malware Android via Facebook. Yup..sebenarnya Sophos sudah pernah memberitakan tentang hal ini beberapa bulan lalu, tetapi entah kenapa akhir-akhir ini kembali marak terjadi.

Awas! Malware Android Tersebar Luas Lewat Facebook!

Cara kerja penyebaran malware tersebut adalah melalui request friends di aplikasi Facebook. Nah, ketika kamu melihat detail Friend tersebut..ada url dia yang cukup menarik hati. Jika url tersebut kamu klik, maka akan ada file apk yang terdownload.

Awas! Malware Android Tersebar Luas Lewat Facebook!

Awas! Malware Android Tersebar Luas Lewat Facebook!

Jika file apk tersebut sampai terinstall di Android kamu, maka si pembuat malware akan memperoleh uang melalui premium rate phone services.

Disinyalir akan ada banyak jenis malware lain dengan tingkat bahaya berbeda yang akan menyebar dengan cara sama. Beruntung, malware android ini tidak bisa terinstall secara otomatis.

Berikut ini adalah saran PG agar kamu tetap aman dari penyebaran malware android tersebut:

1. Pastikan kamu tidak mengunjungi url yang “tidak jelas”, walaupun terkadang url tersebut sangat menarik hati karena judulnya yang menarik, dll.

2. Jangan menginstall file apk yang tidak jelas asal usulnya, apalagi yang terdownload karena tidak sengaja.

Terakhir, tetaplah waspada..karena platform android semakin populer dan dipastikan akan menjadi target utama virus yang menyerang smartphone.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini