3 Aplikasi Scanner untuk Android: Mengubah Foto Menjadi Dokumen PDF

Aplikasi Scanner untuk Android: Mengubah Foto Menjadi Dokumen PDF

Apakah kamu biasa melakukan scan dokumen dan mengubahnya dengan software OCR di desktop? Itu adalah cara lama, ditambah lagi prosesnya lama. Sekarang jaman sudah berkembang, jika kamu pengguna Android ada beberapa aplikasi scanner yang juga bisa melakukan OCR. Jadi kamu tidak butuh lagi scanner dan software OCR di desktop, kalau kamu bisa melakukannya dengan smartphone kamu. Berikut ini PG akan memberikan 3 aplikasi scannder untuk Android yang bisa mengubah foto menjadi dokumen PDF.

 

Google Drive

Google Drive adalah aplikasi cloud storage dari Google yang memiliki fitur built-in scan dan OCR. Ambil foto dari sebuah dokumen dan akan tercopy menjadi file dokumen PDF yang akan disimpan di Google Drive. Ini akan bermanfaat bila kamu sedang mencari file di Google Drive.

Cara melakukan scan dan OCR dari Google Drive sangat mudah, buka aplikasi Google Drive dari Android. Buka Menu dan tap Add new, kemudian tap Scan atau Upload. Kamu juga bisa menambahkan widget Google Drive untuk mempermudah melakukan scan dan OCR dari home screen.

Aplikasi Scanner untuk Android: Mengubah Foto Menjadi Dokumen PDF

 

Evernote

Jika kamu terbiasa dengan mencatat ide-ide yang kamu temui di smartphone, tampaknya kamu sudah pasti menggunakan evernote. Aplikasi yang membantu kamu untuk mengatur ide-ide yang kamu dapatkan ini juga memiliki fitur scan dan OCR dengan format file PDF. Dengan begini kamu akan lebih mudah menemukan dokumen yang kamu butuhkan.

Cara melakukan scan dan OCR dari Evernote sangat mudah, buka aplikasi ini dan buatlah note baru, disini tap icon Plus dan tap Page Camera. Kemudian arahkan kamera ke dokumen yang ingin kamu scan, kamu bisa memfoto beberapa dokumen untuk disimpan dalam satu file PDF yang sudah diOCR.

 Aplikasi Scanner untuk Android: Mengubah Foto Menjadi Dokumen PDF

 

Scan to PDF Free

Seperti namanya, aplikasi ini khusus melakukan scan dengan memfoto dokumen dan mengubahnya menjadi PDF. Tidak seperti dua aplikasi diatas yang menyimpan file PDF di cloud storage, aplikasi ini akan menyimpan dokumen kamu di memory external Android. Ditambah lagi aplikasi ini tidak ada iklan, watermark atau fitur yang dibatasi walaupun aplikasi ini gratis.

Cara menggunakan aplikasi Scan to PDF Free sangat mudah sekali, kamu cukup ambil foto dengan menggunakan aplikasi ini, crop gambar dan simpan gambar sebagai PDF. Sayangnya kamu harus mengatur crop gambar sendiri, tidak seperti dua aplikasi diatas.

Aplikasi Scanner untuk Android: Mengubah Foto Menjadi Dokumen PDF

 

PG rasa cukup untuk tiga aplikasi scan diatas, tetapi sekali lagi hasil scan tergantung dari device yang kamu gunakan. Jika dibandingkan dengan scanner dan software OCR high-end memang hasilnya sangat jauh, tetapi untuk kemudahan dan waktu yang singkat aplikasi diatas akan sangat membantu kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini