4 Aplikasi Android Bermain Sambil Belajar untuk Anak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa hingga saat ini salah satu platform yang tumbuh pesat dan cukup menggeliat perkembangannya adalah platform Android. Tentunya pertumbuhan tersebut juga di dukung oleh beragam pilihan aplikasi yang di tawarkan di Google Play yang semakin hari semakin memanjakan para penggunanya dengan berbagai macam pilihan aplikasi, baik itu aplikasi gratis maupun yang berbayar.

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang ada, segmentasi pun mulai timbul dan kini aplikasi Android bukan hanya diperuntukkan bagi remaja dan orang dewasa saja, melainkan sudah ada aplikasi yang khusus diperuntukkan untuk anak-anak sebagai bentuk pendidikan edutaintment, yaitu bermain sambil belajar untuk anak-anak.

4 Aplikasi Android Bermain Sambil Belajar untuk Anak

Parenting atau mengasuh anak adalah salah satu hal terbaik di dunia ini yang mungkin bisa kita alami dalam kehidupan dan sepertinya tidak ada yang lebih baik daripada mendidik anak sendiri. Namun, seperti yang sama-sama diketahui bahwa anak-anak zaman sekarang mendapat lebih banyak gangguan oleh hal-hal yang terjadi di sekitar mereka dan terkadang yang kita tidak ketahui.

Salah satu praktek atau tips yang tepat bagi orang tua yaitu adalah dengan menjaga dan mengajak anak-anak mereka selalu terhibur saat mendidik mereka dalam proses belajar. Dan sama-sama diketahui bahwa metode belajar sambil bermain adalah cara yang cukup efektif untuk di terapkan pada anak.

Berbekal dengan alat atau perangkat yang tepat, orang tua dapat menenangkan atau menghibur anak sekaligus belajar dengan aplikasi Android. Berikut ini adalah beberapa aplikasi-aplikasi Android terbaik untuk anak-anak agar anak dapat belajar sambil bermain dengan senang hati setiap harinya.

 

1. Kids Preschool Puzzle Lite

4 Aplikasi Android Bermain Sambil Belajar untuk Anak

Kids Preschool Puzzle Lite adalah sebuah game pendidikan yang sangat menghibur untuk anak-anak, dan di peruntukkan untuk anak dari usia tiga sampai enam tahun. Aplikasi android untuk anak ini sangat baik untuk mengajarkan anak-anak dalam memecahkan sebuah teka-teki.

Permainan yang sederhana ini akan disukai oleh anak karena selain memiliki gambar yang indah dan lucu, anak juga di suguhkan teka-teki yang diberikan secara rinci dan dengan sentuhan yang berwarna-warni.

Download : https://play.google.com/store/apps/details?id=zok.android.shapes

 

2. Kids Connect the Dots Lite

4 Aplikasi Android Bermain Sambil Belajar untuk Anak

Jika anak, adik atau keponakan kamu suka menghubungkan sebuah titik-titik menjadi pola gambar, maka ini adalah permainan yang sangat cocok untuk mereka. Kids Connect the dots lite ini adalah permainan mendidik yang menyenangkan untuk di suguhkan kepada anak-anak yang berusia 4 sampai 7 tahun.

Kids Connect the Dots Lite akan memberikan anak-anak sebuah permainan menghubungkan titik-titik dalam format digital penuh. Anak-anak yang bermain game ini akan sesekali belajar untuk bagaimana mengucapkan angka dan huruf di titik-titik. Secara tidak langsung anak akan belajar untuk menghitung dan belajar tentang huruf-huruf alfabet.

Aplikasi Android untuk anak ini cukup mudah untuk dimainkan. anak-anak hanya perlu menghubungkan serangkaian titik-titik yang nantinya akan menguraikan sebuah bentuk binatang atau atau objek lain. Ketika titik-titik berhasil dihubungkan, maka secara otomatis titik-titik tersebut akan berubah menjadi gambar yang berwarna-warni.

Download : https://play.google.com/store/apps/details?id=zok.android.dots

 

3. iStory Books

4 Aplikasi Android Bermain Sambil Belajar untuk Anak

iStoryBooks adalah sebauh aplikasi gratis berupa buku cerita yang dapat membantu orang tua membacakan cerita atau dongeng ke anak. Setiap buku atau cerita yang ada sudah di lengkapi dengan gambar, teks, dan audio yang menyenangkan untuk di dengar oleh anak, sehingga membuat cerita akan lebih hidup nantinya.

Anak-anak akan sangat menikmati buku-buku ini nantinya, terlebih apabila ayah atau ibu bisa membacakan ceritanya langsung untuk didengarkan oleh sang anak, atau mungkin mereka menemukan kegembiraan ketika membaca cerita itu sendiri.

Download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.infomarvel.istorybooks

 

4. Dinosaurs Coloring Book

4 Aplikasi Android Bermain Sambil Belajar untuk Anak

Aplikasi Android yang untuk anak yang satu ini menyediakan lebih dari 90 gambar dinosaurus untuk dipilih dan di warnai. Semakin anak-anak menghabiskan waktu mewarnai dengan aplikasi ini, tentunya akan semakin banyak pula waktu yang mereka habiskan untuk meningkatkan keterampilan mewarnai mereka dan belajar lebih banyak tentang hewan dinosaurus yang sudah punah ini.

Download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.teachersparadise.dinosaurscoloringbook

 

Apabila masih ada referensi lain mengenai aplikasi edutainment Android untuk anak, boleh kamu bagikan informasi tersebut kepada pembaca setia PG yang lain melalui kotak komentar yang ada di bawah ini. Dan jangan lupa pula untuk selalu membagikan tulisan yang bermanfaat kepada orang-orang di sekitarmu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini