4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

Tren smartphone Android memang sekarang mengacu ke arah ‘lebih besar lebih baik’ seiring dengan terbitnya Samsung Galaxy Note dan Samsung Galaxy SIII. Layar yang lebih besar menjadikan kita mengetik lebih nyaman dan mudah. Apalagi ditunjang dengan fasilitas predictive text yang mumpuni. Tapi bagaimana bila kita hanya menggunakan smartphone berlayar relatif kecil seperti Samsung Galaxy Pocket, Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Y, Sony Xperia, dan jenis-jenis smartphone yang layarnya relatif kecil lainnya?

Mau tak mau, kita harus pandai-pandai memilih keyboard app yang nyaman untuk digunakan mengetik. Memaksakan aplikasi keyboard yang keren, tapi menyusahkan untuk mengetik justru nantinya akan menjadikan kamu lambat berbalas pesan, chatting, atau juga susah menulis email menggunakan smartphone kamu.

Berikut ini PG merangkum 4 Android keyboard app yang nyaman untuk mengetik di layar lebih kecil. Pendapat PG ini sifatnya subyektif, jadi bila kamu memiliki usulan tambahan untuk aplikasi keyboard yang menjadikan kamu lebih nyaman mengetik, mohon sampaikan di bagian komentar di bawah ini…

 

1. Hacker’s Keyboard App

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

Sebenarnya Hacker’s keyboard ditujukan untuk pengguna tablet, akan tetapi ada fasilitasnya yang memudahkan pengguna smartphone berlayar kecil, yaitu tiap kali kamu menekan tombolnya, akan muncul highlight tombol tersebut. Kemudian juga ada fitur slide yaitu ketika kamu masih menyentuhkan tanganmu untuk mencari huruf yang pas, maka Hacker’s keyboard belum akan memunculkan hurufnya di panel ketik. Ketika sudah ketemu huruf yang pas, baru lepaskan sentuhan tangan, maka huruf tersebut baru akan keluar.

Bila kamu menggunakannya pada smartphone layar kecil, jangan lupa melakukan setting di Theme and Label Setting > Label Scaling – minimal harus kamu set 350% agar huruf yang ditampilka jelas terbaca.

Keyboard ini memiliki banyak fasilitas dan sangat mendukung bila kamu menggunakan ConnectBot untuk akses SSH. Keyboard ini juga menyediakan tombol Tab/Ctrl/Esc, yang hampir tidak ada pada aplikasi keyboard lain sehingga mengetik disini bisa jadi mirip dengan perasaan ketika mengetik menggunakan keyboard PC.

Kamu bisa mendownload Hacker’s Keyboard secara gratis di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=org.pocketworkstation.pckeyboard

 

2. SwiftKey 3

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

Swiftkey 3 adalah aplikasi keyboard yang mengandalkan predictive text. Aplikasi ini bisa memberikan koreksi dan prediksi yang bagus berdasarkan kebiasaan kamu mengetik, sehingga ia akan memberikan prediksi kata berikutnya yang akan kamu ketik. Swiftkey 3 mendasarkan prediksinya pada saat kamu mengetik untuk akun Gmail, Facebook, Twitter atau post di blog. Fitur ini menjadikan kamu lebih mudah dan cepat mengetik, bahkan di layar yang lebih kecil.

Untuk memahami lebih lanjut tentang Swiftkey 3, kamu bisa melihat video berikut:

Sayangnya, Swiftkey 3 tidaklah gratis. Kamu bisa mencoba periode trial Swiftkey di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.touchtype.swiftkey.phone.trial

Bila kamu menyukai keyboard ini, kamu bisa membayar $ 1.10 untuk mendownloadnya dari:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.touchtype.swiftkey

 

3. SlideIT

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

SlideIT merupakan keyboard yang dirancang dengan fitur slide (Oke, memang mirip dengan fitur swype yang menjadi salah satu fitur Android dengan OS Gingerbread). Kamu tinggal menggerakkan jari kamu dengan pola sesuai kata yang ingin kamu tulis. SlideIT bisa ‘disuruh untuk terus belajar’ dengan memasukkan berbagai kata-kata baru yang biasa kamu gunakan di kamus. Kalau sudah terbiasa menggunakan fitur ini, kamu bisa mengetik cukup dengan menggunakan satu jari saja!

Salah satu yang menyenangkan dari SlideIT adalah, aplikasi ini bisa dihias dengan berbagai theme yang bisa kamu download dari Android Market.

Fitur-fitur dari SlideIT antara lain adalah:

  • Smart prediction memungkinkan kamu menebak kata yang akan diketik
  • Lebih dari 40 paket bahasa dan layout
  • Lebih dari 30 skin
  • speech to text
  • Mengenali tulisan tangan (handwriting)
  • Kustomisasi keyboard
  • Import contact dari ponsel kamu

Bila masih penasaran seperti apa penggunaan SlideIT, saksikan video berikut:

Sayangnya, aplikasi ini di Google Play Store harus ditebus seharga $3.90. Kamu bisa mendownloadnya di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dasur.slideit

 

4. Swype

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

4 Android Keyboard App yang Nyaman untuk Mengetik di Layar Kecil

Jangan lupakan fitur dasar dari Android 2.3 Gingerbread, Swype. Fitur keyboard ini sudah ada sebagai salah satu fitur utama Android. Swype merupakan salah satu keyboard Android yang sangat nyaman untuk mengetik di layar kecil, karena kamu tinggal menyapukan jari ke berbagai huruf untuk membentuk kata. Swype juga bisa belajar kata-kata baru yang kamu ketikkan.

Kekurangan Swype hanyalah, fitur ini tidak bisa ‘dihias’ dengan berbagai tema yang menarik. Swype hanya tampil sebagaimana fitur aslinya.

Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan Swype, kamu bisa nyaman mengetikkan kalimat-kalimat panjang hanya dengan menyapu-nyapukan jari di atas layar.

 

Kesimpulan

Tentu saja dari aplikasi keyboard di atas, semua tergantung pada preferensi masing-masing individu. Tapi bila kamu menginginkan barang gratis, praktis dan mudah digunakan untuk smartphone Android berlayar kecil, maka Swype tentu saja adalah pilihan yang paling pas!

Kamu tinggal membiasakan diri menyapu-nyapukan jari di atas layar, rajin memasukkan kata-kata baru yang biasa kamu pakai, maka kamu akan mendapatkan aplikasi keyboard yang sangat powerful dan praktis untuk membantu kamu mengetik sms, chat, bahkan menulis email di layar smartphone yang relatif kecil!

Punya ide lain? Jangan ragu untuk memasukkannya pada kolom komentar agar kita bisa saling berbagi!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini