3G WatchDog: Penjaga Android Agar tidak Over-Kuota

Salah satu hal yang mengasyikkan dalam menggunakan Android adalah kemudahan Android dalam menghubungkan kita dengan dunia digital. Kita bisa terhubung dengan banyak orang melalui Internet, juga banyak aplikasi di Android yang membutuhkan koneksi Internet. Namun, untuk beberapa orang, terutama kamu yang masih pelajar, berlangganan koneksi unlimited terasa berlebihan karena tidak begitu banyak aktivitas yang dilakukan di Android – solusinya adalah berlangganan paket kuota data yang lebih murah, atau bahkan merelakan pulsa dipotong untuk browsing sebentar saja.

Nah, sekarang kita sampai ke inti masalah… Kalau berlangganan paket kuota data, seringkali kita tak sadar bahwa kuota data yang sedianya kita gunakan untuk satu minggu, ternyata sudah habis dalam sehari… Bahkan menurut pengalaman saya, laporan dari provider biasanya baru muncul kalau kuota kita sudah habis 80%-nya. Di bawah itu, provider tenang-tenang saja sehingga kita tidak sadar bahwa kita sudah menghabiskan kuota kita di luar perencanaan sebelumnya. Untuk mengatasi hal ini, ada sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu, yaitu 3G WatchDog.

Aplikasi ini memiliki kemampuan memantau kuota data internet yang kamu gunakan pada smartphone Android kamu, lalu memberikan laporan berdasarkan kalkulasi lalu lintas data yang masuk dan keluar (upload dan download). Bukan itu saja, kamu bisa memperhitungkan pemakaian data kamu dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan dengan cara mengatur memasukkan variabel paket kuota data yang kamu gunakan pada setting aplikasi ini. Untuk selanjutnya, 3G WatchDog akan memantau dan menilai sendiri lalu lintas data kamu.

3G WatchDog: Penjaga Android Agar tidak Over-Kuota

Setelah kamu memasukkan variabel kuota data yang kamu gunakan serta dalam jangka waktu berapa lama rencananya penggunaan data tersebut, maka nantinya aplikasi ini akan memantau upload dan download yang dilakukan oleh smartphone kamu, serta memberikan laporan berapa besar data yang sudah kamu gunakan.

3G WatchDog: Penjaga Android Agar tidak Over-Kuota

Laporan tersebut akan disampaikan dalam bentuk tabel, grafis, serta komentar tertulis. Ini akan memudahkan kamu dalam menilai pemakaian kuota data internet kamu sendiri. Bahkan aplikasi ini juga dapat memperkirakan berapa besar data yang semestinya kamu pakai dalam sehari agar kuota data internet kamu tidak habis berlebihan tepat dalam rencana yang sudah kamu tetapkan.

3G WatchDog: Penjaga Android Agar tidak Over-Kuota

Fasilitas tambahannya yang menarik adalah, 3G WatchDog dapat menyusun daftar aplikasi Android kamu yang banyak ‘memakan’ kuota data. Bukan hanya sekedar memantau, 3G WatchDog juga memberikan solusi dengan cara ‘menghadang’ aplikasi yang paling banyak menyedot data sehingga hanya akan aktif bila kamu menggunakan WiFi. Aplikasi tersebut akan dijaga agar jangan sampai melakukan prosedur download dan upload data bila kamu menggunakan Internet melalui paket mobile. Tentu saja ini akan mencegah kamu menyedot data berlebih untuk paket kuota data.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa mengatur rencana internet kamu yang menggunakan kuota. Sebagai informasi tambahan, menurut pengalaman saya, Skype dan Whatsapp termasuk aplikasi yang menyedot data sangat besar sehingga cepat menghabiskan paket data kamu. Jadi, untuk menghindarinya, kamu harus mensetting aplikasi ini agar berjalan secara background apabila kamu menggunakan koneksi WiFi sebagai sarana ber-internet.

Kamu bisa mendownload 3G WatchDog di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=net.rgruet.android.g3watchdog

Oh ya, aplikasi ini bukannya memperhitungkan biaya yang kamu keluarkan loh… 3G WatchDog hanya memperhitungkan kuota data internet, jadi tidak memberikan pandangan mengenai harga paket yang kamu keluarkan…

Saya yakin aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi kamu, terutama untuk kamu yang sering menggunakan paket kuota data internet secara hemat hanya untuk menyalakan aplikasi seperti YM, Whatsapp, FB Chat, dan Twitter. Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one artikel ini jika bermanfaat :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • dwi

    cara menghapus nofikasi penggunaan data yg berlebih pd android 4.0 gimana gan?mhn bantuannya,,,makasih